Sabtu, 11 Agustus 2018

WISATA AIR TERJUN SEMIRANG

Wisata Air Terjun Semirang atau yang biasa dikenal dengan Curug Semirang merupakan salah satu tempat wisata alam di kabupaten Semarang, terletak di lereng Gunung Ungaran bagian utara dengan memiliki ketinggian terjunan air setinggi 45 meter.

Wisata air terjun di Semarang Jawa Tengah ini dikelola oleh Perum Perhutani dan memiliki lahan seluas 10 Ha yang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Wisata Air Terjun Semirang Ungaran


Untuk mencapai tempat wisata Semirang ini juga sangat mudah meskipun harus dibutuhkan stamina yang fit karena lokasinya yang berada di lereng pegunungan dan mengharuskan untuk berjalan kaki sampai di lokasi tujuan.

Meskipun tidak terlalu sulit yang pastinya bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung, dan jika kelelahan maka akan segera terobati dengan melihat pemandangan alam yang indah, hawa pegunungan yang sejuk nan segar setelah sampainya di lokasi air terjun setinggi 45 m.
Akses menuju Wisata Air Terjun Semirang Jawa Tengah

Wana Wisata Curug Semirang ini berjarak kurang lebih 7 KM dari kantor Bupati Semarang atau bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit.
Rute menuju Air Terjun Semirang

Untuk mencapai lokasi air terjun bagi para pengunjung yang datang dari arah Semarang maupun arah Solo bisa langsung masuk melalui jalan pertigaan depan Hotel Ungaran Cantik (hotel yang terletak di jalan raya Semarang – Solo) lalu jalan terus melalui STIKES Ngudi Waluyo dan lalu naik ke kanan untuk menuju arah gunung. Setelah melewati persawahan maka akan menemukan jalanan yang terjal dan mendaki yang berarti menandakan perjalan sudah sampai di kaki gunung Ungaran.

Meskipun badan jalan cukup halus namun diperlukan kehati-hatian karena jalanan ini lumayan sempit serta melewati tempat pemukiman warga. Setelah perjalanan melewati beberapa dusun maka akan sampai di depan makam Desa Gogik yang menjadi tempat parkir sederhana berupa lahan milik penduduk yang hanya dipagari dan dikelola oleh Karang Taruna desa setempat.

Setelah sampai di area parkir perjalanan kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak dan menanjak yang jaraknya kurang lebih 500 meteran hingga sampai pintu gerbang.
Pintu Gerbang Semirang

Bagi para pengunjung yang mengendarai sepeda motor bisa langsung menuju sampai ke pintu gerbang namun harus dengan ekstra hati-hati disamping jalan kecil yang berupa macadam namun sebagian masih tanah yang licin.

Setelah mencapai pintu gerbang dilanjutkan dengan menuju lokasi Air Terjun Semirang dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak dan menanjak yang berjarak sekitar 1 KM atau membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.
Jalan Menuju Semirang

Tempat wisata dan Hotel yang dekat dengan Semirang

  •     Kolam Renang Tirto Argo Siwarak Ungaran
  •     Goa Jepang Ungaran
  •     Alun-alun Baru Ungaran
  •     Taman Unyil Ungaran
  •     Wisata belanja Pasar Bandarjo Ungaran
  •     Wisata religi Makam Waliyullah Hasan Munadi Nyatnyono Ungaran
  •     Curug Benowo Wisata Alam dan Air Terjun Ungaran
  •     Curug Lawe Wisata Alam dan Air Terjun Ungaran
  •     Kampung Seni Lerep
  •     Watu Gunung Ungaran
  •     The Fountain Water Park Ungaran
  •     Hotel Ungaran Cantik
  •     Wening Griya Guest House
  •     Nyata Plaza Hotel
  •     C3 Hotel
  •     Plaza Hotel Semarang
  •     Dll

Tiket masuk wisata Air Terjun Semirang dan parkir

    Biaya parkir motor Rp. 2.000,- / motor
    Biaya parkir mobil Rp. 5.000,- / mobil
    Biaya Tiket masuk Rp. 5.000,- / orang

Nah bagi Anda yang menginginkan tempat liburan di Semarang dengan suasana hawa sejuk pegunungan serta pemandangan yang indah mungkin Wisata Air Terjun Semirang merupakan tempat yang cocok untuk mengisi suasana liburan bersama keluarga maupun sahabat-sahabat terdekat.

Disamping Semirang merupakan tempat wisata dengan ongkos yang relatif murah juga tersedia pos untuk beristirahat melepaskan lelah serta warung-warung kecil yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Setelah puas menikmati pemandangan alam dan Air Terjun Semirang Anda bisa melanjutkan perjalanan liburan Anda menuju Kolam Renang Umbul Sidomukti, Wisata Sejarah Candi Gedong Songo dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Kabupaten Semarang yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi
http://www.semarangplus.com/wana-wisata-curug-semirang-wisata-alam-di-kabupaten-semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAI KUKUP

 Pantai satu ini termasuk salah satu wisata pantai yang terkenal di Gunung Kidul, namanya adalah Pantai Kukup. Selain memiliki pemandan...